Diberhentikan MKD dari Ketua DPR, Golkar Isyaratkan Tak Bela Ade Komarudin
Rabu, 30 November 2016 - 16:20 WIB



Ade Komarudin

Jakarta - Partai Golkar mengisyaratkan tidak memberikan pembelaan terhadap kadernya, Ade Komarudin alias Akom, akibat putusan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI yang memberikan sanksi sedang sekaligus memberhentikan dari jabatan Ketua DPR.

MKD sendiri membantah pemberhentian Akom terkait keinginan Partai Golkar guna mengembalikan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto ke kursi pimpinan DPR.

Sementara Novanto sebelumnya diberhentikan dari posisi Ketua DPR karena kasus "papa minta saham" di PT Freeport Indonesia, yang dinilai melanggar etika jabatan anggota dan juga pimpinan DPR.

Saat itu, Partai Golkar getol membela Novanto agar tidak sampai dicopot dari kursi Ketua DPR.

"Saya sudah bertemu dua kali dengan Saudara Akom kemarin, tapi tidak membicarakan masalah ini," ujar Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Idrus Marham di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).

Mengenai tudingan Akom tidak dibela Partai Golkar, Idrus mengatakan situasi pada kasus Novanto dan Akom berbeda. "Kalau kasus Novanto, kan ramai. Tapi yang ini tidak ramai," tukasnya.

Ia menambahkan, keputusan Partai Golkar mengganti Akom dengan mengembalikan Novanto ke posisi Ketua DPR, tidak ada kaitan langsung dengan keputusan MKD kali ini.

"Persoalan di MKD itu proses tersendiri. Dalam putusan MKD ini DPP Golkar akan mempelajari, sedangkan implikasinya kepada DPR kami serahkan ke pimpinan fraksi," jelasnya.

Adapun MKD memutuskan memberhentikan Akom dari posisi Ketua DPR karena dinilai melakukan akumulasi pelanggaran sedang.

Pelanggaran sedang itu merupakan akumulasi dari dua pelanggaran ringan, yaitu pertama pelanggaran etika karena memindahkan posisi beberapa BUMN yang mendapat penyertaan modal negara, yang awalnya mitra Komisi VI menjadi mitra Komisi XI DPR.

Kedua, pelanggaran etika karena dianggap memperlambat proses pembahasan RUU tentang Pertembakauan. (mirza)

 

BERITA LAINNYA
Berita Terkini
Kamis, 16 Februari 2017 17:12 WIB
KB PII Usul Audit Sistem IT KPUD DKI
Rabu, 08 Februari 2017 04:45 WIB
Aksi umat Islam `112` Dilarang Polda Metro Jaya
Kurs Valuta Asing
KURS   JUAL   BELI
USD 13333.00 13317.00
SGD 9521.41 9501.41
EUR 14398.36 14298.36
AUD 10189.66 10109.66
Prakiraan Cuaca